Wagub Sani Serahkan Beasiswa Dumisake Kepada Mahasiswa Nurdin Hamzah

Wagub Sani Saat Menyampaikan Sambutan di Wisuda Universitas Nurdin Hamzah (Jtizen/Humas Pemprov Jambi)

Bagikan

Jtizen – Wakil Gubernur Jambi Drs.H. Abdullah Sani, M.Pd.I menghadiri Dies Natalis Ke-3 dan Wisuda Ke-3 Universitas Nurdin Hamzah, bertempat di Hotel Abadi Convention Center Jambi, Rabu (13/12/2023). Pada kesempatan tersebut Wagub Sani menyerahkan beasiswa Dumisake kepada mahasiswa Nurdin Hamzah. Adapun beasiswa yang diberikan tersebut yaitu beasiswa dumisake untuk Strata 1 senilai 30 juta rupiah dan beasiswa dumisake untuk mahasiswa kurang mampu senilai 60 juta rupiah. Bantuan beasiswa ini secara simbolis diterima oleh Rektor Universitas Nurdin Hamzah.

Dalam sambutan dan arahannya Wagub Sani menyatakan bahwa keberadaan sumber daya alam Provinsi Jambi yang melimpah dan kemajuan teknologi dan mesin canggih sekalipun tidak akan bisa memberikan manfaat dan efisiensi apapun tanpa didukung oleh peran sumber daya manusia yang sesuai, berketerampilan, berpengetahuan dan kompeten.

“Apresiasi saya sampaikan kepada Universitas Nurdin Hamzah beserta seluruh pengajar dan pendidik yang turut berkontribusi menghadirkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi melalui upayanya melahirkan dan membentuk lulusan profesional yang berkarakter, unggul, terampil serta berjiwa kewirausahaan berbasis sosial dan teknologi, sehingga diharapkan kecakapan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat diimplementasikan dalam perannya sebagai aktor pembangunan Provinsi Jambi, memajukan daerah dan menggerakkan perekonomian,” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani mengungkapkan, Indonesia segera memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2030-2035 mendatang, masa dimana jumlah penduduk berusia produktif jauh lebih banyak dibandingkan penduduk non produktif. Pemerintah Provinsi Jambi telah melakukan ragam upaya untuk menghadapi bonus demografi, guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Peran dan sinergi dari para pihak, termasuk perguruan tinggi sangat penting dalam mewujudkan masyarakat Provinsi Jambi menjadi masyarakat yang maju.

“Besar harapan saya bahwa setiap kegiatan wisuda dapat dijadikan refleksi sejauh mana keberhasilan penyelenggaraan pendidikan telah dilaksanakan, agar kedepan dapat disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan peningkatan dan koreksi, melakukan inovasi dan pengembangan akademik, meningkatkan mutu pendidikan, memperkuat penelitian dan inovasi teknologi serta berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” ungkap Wagub Sani.

Pada akhir sambutannya Wagub Sani mengharapkan Universitas Nurdin Hamzah senantiasa menjadi salah satu pelita pendidikan tinggi yang turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi, menyiapkan generasi penerus yang andal dan terampil serta mampu menghadapi tantangan dan menjawab persoalan di masa depan.

“Besar harapan kami agar momentum wisuda ini dapat dijadikan sebagai cambuk bagi saudara-saudari sekalian untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan agar mampu menjawab perubahan-perubahan yang ada. Perubahan yang terus terjadi dengan segala dinamikanya serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern menuntut semua serba cepat dan dinamis di semua bidang kehidupan,” harap Wagub Sani.

“Oleh karena itu, saya berharap pengalaman perkuliahan selama ini mampu membentuk mental-mental pembelajar dan pekerja keras nan cerdas, inovatif dan mampu beradaptasi dengan perubahan sosial maupun teknologi. Saya berharap agar saudara-saudari sekalian dengan keilmuan dan keterampilan yang dimiliki tidak hanya menjadi penonton proses pembangunan, namun hendaknya mengambil bagian menjadi aktor pembangunan, turut berkontribusi membangun masyarakat, daerah serta bangsa yang adil, Makmur dan sejahtera,” pungkas Wagub Sani.

Baca Juga