Tim PKM Dosen UGKMB Beri Edukasi Terkait Legalitas Usaha dan Pencatatan Keuangan Kepada UMKM Batang Hari

Photo Bersama Tim PKM Dosen UGKMB Bersama UMKM (Jtizen.com/Istimewa)

Bagikan

Jtizen.com – Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Prodi Akuntansi berkolaborasi dengan Tim Dosen Prodi Hukum Universitas Graha Karya Muara Bulian (UGKMB) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bersama Asosiasi Perkumpulan UMKM, Asosiasi Bangkit Berjaya Batang Hari (AB3), pada Sabtu (03/08/2024).

Kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh dua Program Studi UGKMB bersama Asosiasi UMKM AB3 itu mengangkat dua tema yang berupa sosialisasi dan edukasi terkait Manfaat Legalitas terhadap UMKM yang disampaikan oleh Tim Dosen Prodi Hukum, serta edukasi penggunaan aplikasi pencatatan keuangan berbasis android untuk UMKM.

Dalam penyampaiannya, Tim Dosen Prodi Hukum yang diketuai oleh Kaprodi Hukum UGKMB, Othman Ballan, S.H.,M.Kn, menyampaikan apa dan bagaimana aturan serta dasar hukum yang berlaku terkait UMKM serta legalitas UMKM di Indonesia.

Othman Ballan, Ketua Tim Dosen Hukum juga memaparkan bagaimana legalitas yang dimiliki pelaku UMKM dapat memiliki manfaat besar terhadap usaha yang dijalankan para pelaku UMKM. Seperti peluang mendapatkan bantuan dari Pemerintah, hingga terbukanya peluang bermanfaat lainnya, seperti pengakuan terhadap Brand Produk yang dimiliki UMKM melalui pencatatan HAKI atau Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Tim PKM Dosen UGKMB Beri Edukasi Terkait Legalitas Usaha dan Pencatatan Keuangan Kepada UMKM Batang Hari - Jtizen
Kaprodi Hukum Othman Ballan, S.H.,M.Kn saat memaparkan dasar hukum serta manfaat legalitas bagi UMKM

Sementara itu, Tim Dosen Akuntansi UGKMB yang diketuai oleh Kaprodi Akuntansi Eva Setia Rini Damanik, S.E.,M.S.Ak, memaparkan tentang Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah atau SAK EMKM terkait pencatatan keuangan untuk UMKM. Eva Setia Rini menyampaikan apa dan bagaimana manfaat SAK EMKM terhadap pencatatan keuangan untuk UMKM, dimana tujuan akhir yang ingin dicapai ialah para Pelaku UMKM dapat menyusun laporan keuangan sendiri sehingga mampu membuka peluang para UMKM untuk memperoleh dana atau modal usaha tambahan.

Tim PKM Dosen UGKMB Beri Edukasi Terkait Legalitas Usaha dan Pencatatan Keuangan Kepada UMKM Batang Hari - Jtizen
Kaprodi Akuntansi Eva Setia Rini Damanik, S.E.,M.S.Ak saat memberikan pemaparan SAK EMKM

Selanjutnya, untuk menghasilkan pemahaman mendalam terkait pencatatan keuangan UMKM dengan aplikasi berbasis android, Tim Dosen Akuntansi UGKMB yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Elsya Fitrianisa, S.Tr.Ak.,M.Tr.S.I.Ak, juga melakukan edukasi praktik tentang bagaimana langkah dan proses pencatatan keuangan yang bisa dilakukan para pelaku UMKM yang hadir.

Dengan memanfaatkan aplikasi “Lamikro” aplikasi berbasisi android yang dikembangkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) itu, Elsya Fitrianisa memaparkan langkah demi Langkah proses pencatatan keuangan di aplkasi Lamikro yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk melakukan pencatatan keuangan usahanya.

Mulai dari bagaimana cara mengunduh aplikasi Lamikro, bagaimana melakukan pendaftaran akun, penjelasan terkait halaman awal, fungsi tiap tools atau menu di aplikasi Lamikro, sampai kepada praktik akuntansi seperti melakukan pencatatan transaksi atau menjurnal, hingga memproses dan memahami laporan-laporan keuangan yang tersedia dari transaksi yang telah dilakukan.

Tim PKM Dosen UGKMB Beri Edukasi Terkait Legalitas Usaha dan Pencatatan Keuangan Kepada UMKM Batang Hari - Jtizen
Dosen Akuntansi Elsya Fitrianisa, S.Tr.Ak.,M.Tr.S.I.Ak bersama Pelaku UMKM yang telah berhasil menggunakan aplikasi Lamikro

Dengan edukasi yang diselenggarakan oleh Tim PKM Dosen Akuntansi dan Hukum UGKMB hari itu, beberapa pelaku UMKM menyebut bahwa mereka ingin untuk bisa melanjutkan dan memperdalam pengetahuan yang mereka dapatkan pada hari itu melalui kegiatan Kerjasama lainnya.

Pada kesempatan itu pula, Universitas Graha Karya Muara Bulian (UGKMB) serta Prodi Akuntansi menggelar penandatanganan MoU dan MoA bersama Asosiasi Bangkit Berjaya Batang Hari (AB3) yang bertujuan untuk bersama menjalin Kerjasama dan kemitraan, serta saling mendukung antar Lembaga.*

Baca Juga