Minta Dukungan Partai Kaesang, Ketua DPW PSI Jambi Tigor Sinaga Sebut Hilallatil Badri Sejalan Dengan DNA PSI

Bagikan

JTIZEN.COM – Mantan Wakil Bupati Sarolangun yang juga merupakan Bakal Calon Bupati periode 2024-2029, Hilallatil Badri mendatangi kantor DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Jambi, Sabtu (20/7/2024) malam.

Hilal yang ditemani oleh beberapa orang timnya mendatangi kantor DPW PSI untuk bersilaturahmi, dan sekaligus meminta dukungan dari Partai besutan Kaesang Pangarep di Pilbup Sarolangun 2024.

Dalam kesempatan itu, Hilallatil Badri menyampaikan visi-misi atau program yang akan dilakukannya seandainya terpilih menjadi Bupati Sarolangun periode 2024-2029.

“Tugas pemimpin itu bagaimana bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Tentu dengan banyak lahan tidur hari ini, bagaimana bisa betul-betul bermanfaat dengan program PLTB (pembukaan lahan tanpa bakar), kemudian kita bantu bibit dan pupuk,” ungkap Hilal saat menyampaikan program yang akan dijalankan kedepannya dihadapan pengurus DPW PSI Jambi.

Menurut Hilal banyaknya lahan tidur di Sarolangun karena yang punya merupakan masyarakat dengan taraf ekonomi menengah kebawah. Sehingga untuk mengelola lahan tidak mempunyai modal, tapi untuk dijual juga terasa cukup sulit.

Dengan demikian, kata Hilal lahan tidur yang cukup banyak di wilayah Sarolangun dapat dimanfaatkan, serta nantinya juga berujung pada peningkatan perekonomian dan pendapatan masyarakat.

“Kedepan bagaimana kita kelola supaya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kita,” ucapnya.

Tidak hanya itu, maraknya tambang ilegal di Sarolangun cukup menyita perhatiannya selama ini. Dirinya berencana agar ada payung hukum yang mengatur tentang kegiatan tambang rakyat.

“Bagaimana kedepan kita bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah sehingga nanti dibuka tambang rakyat. Tentu kita kelola dengan baik, masyarakat dapat hasil dan daerah dapat sumbangsih dari itu,” jelasnya.

Dengan catatan, dirinya juga akan melakukan kebijakan agar kegiatan tambang rakyat tersebut tidak akan berakibat terhadap kerusakan lingkungan. Kata Hilal, pemerintah Sarolangun nanti perlu melakukan reklamasi terhadap lahan yang telah rusak, terutama diakibatkan oleh kegiatan tambang ilegal selama ini.

“Jadi kalo sudah kita reklamasi, lahan yang rusak kita rapikan agar bagaimana lahan yang sudah rusak ini kita benahi dan pulihkan kembali, supaya bermanfaat bagi kehidupan anak cucu kedepan, tandasnya.

Selain itu, program ekonomi kerakyatan yang akan dilakukan Hilal yakni dengan mensupport UMKM berupa bantuan permodalan serta hal lain yang bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Ditanya mengenai dukungan Partai Politik, Hilal pun menyampaikan bahwa kemungkinan besar akan ada 7 Parpol yang mengusung dan mendukungnya maju di Pilbup Sarolangun 2024.

“Kalo Partai yang parlemen ada 3 PDIP, Demokrat dan Nasdem. Yang non Parlemen rencananya ada 4 seperti PSI, Gelora, Perindo dan PBB,” ungkap Hilal.

“Sesuai undang-undang sudah cukup untuk kita mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Daerah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jambi Tigor Sinaga mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kedatangan Hilallatil Badri beserta rombongan ke kantor DPW PSI Jambi.

“Kita ingin kenal dengan calon yang akan kita usung dan betul-betul cocok dengan DNA PSI,” ujar Tigor.

Dalam diskusi yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam tersebut, Tigor mengatakan bahwa Hilallatil Badri cocok dan sejalan dengan DNA yang dimiliki oleh PSI.

“Saya lihat pak Hilal sama dengan DNA PSI, kita sepakat terkait anti korupsi, anti intoleransi,” ucapnya.

“Kalo untuk anti korupsi tadi jelas, satu hal statement yang saya senang dari pak Hilal, kita akan selesaikan masalah-masalah di lapangan kalo kita tidak terlibat didalamnya,” sebutnya.

Karena baik Tigor maupun Hilal sama-sama sepakat bahwa ketika pejabat atau Kepala Daerah terlibat dalam persoalan misalnya bisnis tambang, maka kebijakan yang dihasilkan akan tumpang tindih.

“Kalo pejabat terlibat keputusannya pasti akan tumpang tindih. Kita berharap nantinya pak Hilal akan berdiri ditengah, tidak terlibat dalam bisnis atau pemain tambang atau ekonomi rakyat lainnya,” jelasnya.

Sementara untuk rencana program ekonomi kerakyatan khususnya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Tigor sepakat dengan visi-misi Hilal tersebut dan juga mengapresiasi ide tersebut.

Tigor juga satu pemikiran dengan Hilal mengenai pembangunan infrastruktur di daerah nantinya agar tidak terlalu bergantung pada APBD. Karena banyak solusi yang bisa dilakukan seperti membangun dari dana pusat hingga dana bagi hasil kepada daerah.

Sementara itu, dari empat berkas Bakal Calon Bupati Sarolangun yang masuk ke PSI, kata Tigor baru Hilallatil Badri yang sudah datang secara langsung memaparkan visi-misinya kedepan.

“Yang masuk bahan sudah empat atau tiga, tapi yang datang langsung baru pak Hilal ini,” ucapnya.

“Kelebihan incumbent atau mantan Wakil dia biasanya lebih menguasai masalah,” tutup Tigor Sinaga.

Ia pun mengapresiasi hasil survei yang menempatkan Hilallatil Badri di posisi teratas dengan angka 30 persen lebih yang menurutnya tidak mudah dan membuat peluang Hilal melenggang ke kursi Bupati semakin terasa ringan.

Baca Juga