Wakil Bupati Robby Nahliansyah Pimpin Upacara Hari Pancasila

Bagikan

JTIZEN.COM – Wakil Bupati Tanjungjabung Timur, Robby Nahliansyah, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Kantor Bupati Tanjungjabung Timur, Sabtu 1 Juni 2024.

Upacara diikuti oleh forkompinda, para Staf Ahli Bupati, Asisten, kepala OPD, serta para PNS.

Wakil Bupati Tanjungjabung Timur, Robby Nahliansyah membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPKP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Robby mengatakan, 1 Juni merupakan hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila.

Pancasila dikenalkan melalui pidato Bung Karno pada tahun 1945, di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2014 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045″.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan rakyat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri, sebagai sebuah bangsa majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia,” ujar Robby.

Robby menjelaskan, dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional.

“Bhineka Tunggal Ika. Dalam momentum sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ajak Robby.

Robby mengungkapkan, Pancasila terbukti mampu mempersatukan rakyat menghadapi seragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa besar.

Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

“Pancasila menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi, ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui berbagai media, harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Robby.

Robby juga mengajak seluruh komponen bangsa mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demokrasi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia dapat diatasi,” ungkapnya. (*)

Baca Juga