Bingung Minimnya Calon Yang Muncul, Masyarakat Inginkan Usman Ermulan Maju di Pilgub Jambi 2024

Bagikan

JTIZEN.COM – Hingga hari ini hanya dua kandidat yang sudah memantapkan niatnya menjadi Bakal Calon Gubernur Jambi periode 2024 – 2029. Adalah Al Haris, Gubernur Jambi periode 2021 – 2024 yang merupakan petahana dan Romi Hariyanto, Bupati Tanjung Jabung Timur dua periode.

Berbeda halnya dengan Pilwako Kota Jambi, yang banyak kandidat Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota. Sebut saja Maulana, Budi Setiawan, A Rahman, Raden Ridwan, Iqbal Linus hingga Cecep Suryana.

Padahal orang-orang hebat banyak bertebaran di Provinsi yang berpenduduk lebih kurang 4 juta jiwa itu. Mulai dari pejabat tinggi yang berkiprah di pusat, jenderal pensiunan, anggota DPR, para Bupati/Walikota yang aktif maupun yang mantan serta para pengusaha dan tokoh masyarakat lainnya.

Para Ketua Partai tingkat Provinsi Jambi tidak satupun yang bernyali. Boleh jadi mereka sudah bertarung habis habisan merebut kursi DPR RI, seperti Edi Purwanto (Ketua PDIP Provinsi Jambi), Cek Endra (Ketua Golkar), Sy Fasha (Ketua Nasdem), Sutan Adil (Ketua Gerindra), H. Bakri (Ketua PAN).

Bisa jadi tidak banyak calon yang bernyali disebabkan oleh mahalnya ongkos Pilkada setingkat Gubernur. Mulai dari biaya sosialisasi, mahar untuk mendapat Partai pengusung, biaya tim sukses hingga uang untuk saksi.

Semakin banyaknya Calon yang bermunculan maka semakin bagus. Masyarakat punya beberapa pilihan, sehingga tingkat polarisasi pun rendah. Kalau hanya ada dua calon, pertarungan di lapangan dan di media sangat sengit dan bisa menjurus pada konflik.

Tidak munculnya calon lain sangat menguntungkan bagi calon penantang, Romi Hariyanto. Karena banyaknya isu-isu tidak sedap yang sudah menjadi perbincangan hangat di masyarakat Jambi, pada kinerja calon petahana yang kurang memuaskan, seperti angkutan batubara, proyek-proyek mercusuar yang asal jadi, hingga janji politik yang belum terlaksana.

Ditengah minimnya Bakal Calon Gubernur Jambi tersebut, santer isu yang berhembus bahwa Usman Ermulan sedang mengkaji untuk maju. Memang beberapa bulan terakhir Usman sangat aktif bersilaturahmi dengan berbagai kalangan.

“Dari banyak pertemuan dengan masyarakat, mereka risau juga hanya dua orang yang berminat jadi Gubernur Jambi. Mereka minta saya maju,” jelas Usman mantan anggota DPR RI, Komisi APBN, tahun 1997/1998.

Menurut Usman Ermulan yang pernah menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Barat periode 2001-2005 dan 2011-2016 itu, untuk mendapatkan dukungan Partai seperti air mengalir saja, silaturahmi terus dilakukan.

“Hingga kini kan belum satupun calon yang sudah mengantongi dukungan secara resmi sebuah Partai, politik itu dinamis. Beberapa jam jelang penutupan pendaftaran di KPU bisa berubah.” ujar anggota Dewan Pertimbangan Golkar Provinsi Jambi ini.

Kesiapan Usman itu dibarengi dengan sudah memilih wakilnya, Alexander, Ketua Umum Perkasa (Persatuan Keluarga Sarolangun) dan malang melintang di pemerintahan mulai Camat hingga Kepala Dinas.

“Kenapa harus cepat memilih wakil, sebuah Partai memberi surat dukungan resmi ketika sudah ada Wakil,” jelas Usman alumni Lemhannas P3DA tahun 2011 lalu.

Sementara Alexander, ketika dihubungi menyatakan kesiapannya untuk mendampingi Usman Ermulan.

“Chemistry kami nyambung, perpaduan wilayah barat dan timur, birokrat dan pengusaha.” jelas mantan Camat Pasar Jambi ini.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa sosok Usman Ermulan di kancah politik bukan merupakan hal baru. Melihat rekam jejak dan vokalitasnya dalam membela kepentingan masyarakat Jambi pada umumnya.

Usman pun merupakan individu yang bebas dari intervensi elite dan oligarki, serta dapat dipercaya dalam mendistribusikan perihal kesejahteraan kepada masyarakat secara adil.

Teman lama Presiden RI ke-3 Bj Habibie ini telah menorehkan banyak prestasi sewaktu menjabat Bupati Tanjabbar. Salah satunya adalah mengelola kekayaan alam seperti gas alam dan minyak bumi, yang merupakan aset berharga untuk Kabupaten Tanjabbar, sehingga membawa Kabupaten tersebut memiliki APBD tertinggi di Provinsi Jambi.

Selain itu, dengan pengalaman panjang sebagai anggota DPR RI tiga periode yang matang di komisi keuangan, perbankan, dan perencanaan nasional, Usman memiliki jaringan yang luas dan kemampuan yang mumpuni dalam membangun Provinsi Jambi kedepan.

Baca Juga