KPU Provinsi Jambi Gelar Peluncuran Pilkada Serentak 2024

Bagikan

JTIZEN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi melaksanakan peluncuran Pilkada serentak 2024, di Eks Arena MTQ, Taman Rimba, Kota Jambi, Senin malam, (27/5/2024).

Acara tersebut dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, serta Bupati dan Wali Kota Se-Provinsi Jambi yang menandai dimulainya proses Pilkada serentak.

Tanggal peluncuran ini sendiri sengaja dipilih 27 Mei 2024, karena mengingat hari pencoblosan, akan berlangsung tepat enam bulan yang akan datang yakni pada 27 November 2024.

“Kami minta semua pihak bersiap diri. KPU siap melaksanakan pilkada yang dimulai dengan pencalonan pada Agustus mendatang hingga calon terpilih,” kata Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni.

Iron menghimbau para bakal calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pilkada bersiap diri jauh-jauh hari sebelumnya. Begitu juga dengan partai politik, harus bersiap diri dan mulai melakukan seleksi bakal calon.

Seluruh pemangku kebijakan di Provinsi Jambi pun diminta bersiap. KPU akan bersinergi dengan pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota hingga kelurahan dan Desa, untuk menyukseskan pilkada serentak.

“KPU tidak bisa bekerja sendiri. Kami sangat membutuhkan bantuan semua pihak,” ucapnya.

Iron menjelaskan, KPU sejak 2005 telah melakukan pilkada serentak secara bergelombang. Pada 2024 ini pilkada dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“Momentum ini yang kita tunggu. Pilkada di Jambi akan dilaksanakan di 11 Kabupaten dan Kota, meliputi satu pemilihan Gubernur, 9 pemilihan bupati, dan dua pemilihan wali kota,” ujarnya.

Adapun tujuan peluncuran pilkada serentak ini, kata Iron salah satunya untuk menyampaikan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder, bahwa pilkada sudah dimulai.

Selain itu, peluncuran ini juga sebagai sosialisasi ke masyarakat, bahwa banyak informasi yang akan disampaikan. Ditargetkan pada Pilkada Serentak 2024 partisipasi pemilih mencapai 86 – 87 persen.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris, meminta semua masyarakat Jambi menyikapi pilkada dengan bijak. Jangan saling menjatuhkan. Ciptakan pilkada yang damai dan happy. Riang gembira.

Al Haris menghimbau para peserta pilkada dan tim suksesnya menghindari konflik sosial dan adu domba yang bisa memecah belah. Diharapkan lahir pemimpin yang membawa perubahan dan menyatukan umat.

“Pilihlah pemimpin yang memiliki konsep pembangunan dan bisa membawa perubahan bagi daerah kedepan,” tegas Al Haris yang juga akan mengikuti pemilihan gubernur.

Mantan Bupati Merangin dua periode ini minta pemerintahan daerah bersiap diri. Jangan ada daerah yang tidak siap anggarannya. Ini kali pertama digelar pilkada serentak di Indonesia.

“Mari kita sukseskan bersama. Provinsi Jambi harus tetap kondusif dan menjadi provinsi paling aman di Indonesia,” harap Haris.

Pada peluncuran Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Jambi diluncurkan pula maskot Pilkada Serentak 2024. Maskot itu diberi nama “Asri”, yang artinya aspirasi rakyat Jambi.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat kepada Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, dan Bawaslu Provinsi Jambi.

Dalam acara yang dimeriahkan oleh artis Widi Nugroho dari Hello Band ini diserahkan hadiah pemenang sayembara maskot KPU Provinsi Jambi, kepada Sabita Aristawati, dan pemenang sayembara jingle kepada Verdiantika. (*)

Baca Juga