Hasil Survei ICRC : Pilpres 2024 Diprediksi Berlangsung Dua Putaran

Bagikan

JTIZEN.COM – Lembaga survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) merilis hasil survei Pilpres terbaru menjelang perhelatan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan hanya tinggal hitungan hari lagi.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan ICRC periode 26 Januari – 1 Februari tersebut menunjukkan bahwa pergelaran Pilpres akan berlangsung dua putaran.

Hal tersebut dikarenakan belum ada satupun paslon yang berhasil mencapai 50 + 1 %. Artinya dalam survei yang dilakukan oleh ICRC tersebut kemungkinan untuk Pilpres berlangsung satu putaran sangat kecil.

Adapun hasil survei yang dilakukan oleh ICRC menunjukkan bahwa paslon nomor urut 1 yakni Anies-Muhaimin (AMIN) berhasil memperoleh 27,2%, paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran berhasil mendapatkan 43,0% dan paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud meraih 26,3%.

Dalam survei tersebut posisi paling atas masih ditempati pasangan Prabowo-Gibran, diikuti oleh pasangan Anies-Muhaimin dan terakhir pasangan Ganjar-Mahfud.

Jika dilihat hasil survei sebelumnya yakni pada Desember lalu, ada tren positif terhadap paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin dengan kenaikan sekitar 1,6%. Kemudian paslon nomor urut 2 mendapat kenaikan sekitar 3,6%. Sementara itu paslon nomor urut 3 turun sekitar 2,8%.

Teknik wawancara yang dilakukan dalam survei ICRC ini yakni menggunakan metode via telpon dengan jumlah sampel 1230 orang. Sementara untuk tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, dengan margin of error sebesar 2,79% serta metode penarikan sampel stratified random sampling.

Baca Juga