DPW PKS Jambi Launching Program ATM Beras Untuk Bantu Ekonomi Masyarakat

Ketua DPW PKS Heru Kustanto Saat Melakukan Launching ATM Beras Secara Simbolis (Jtizen/Riman Abimayu)

Bagikan

Jtizen – Tanggapi situasi perekonomian masyarakat yang kian sulit, terlebih lagi dengan naiknya harga bahan pokok salah satunya harga beras, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jambi menggelar launching program ‘Lumbung Pangan ATM Beras’.

Launching Program yang bertujuan untuk membantu ekonomi Masyarakat Jambi itu, digelar di Kantor DPW PKS Jambi, pada Sabtu (07/10/2023), yang dihadiri langsung oleh Ketua DPW PKS Jambi Heru Kustanto.

Program yang sejatinya digagas oleh Predisen PKS Ahmad Syaikhu itu, merupakan bagian dari Program Peduli Pangan PKS, dimana dalam pelaksanaannya seluruh Provinsi di Indonesia mendapatkan mesin ATM Beras.

Mesin ATM Beras itu sendiri digunakan untuk menampung beras, yang nantinya dapat digunakan oleh Masyarakat untuk memperoleh beras dengan menggunakan kartu yang sebelumnya telah dibagikan kepada Masyarakat.

Ketua DPW PKS Heru Kustanto mengatakan bahwa, masyarakat yang mendapatkan kartu dan dipersilahkan untuk mengambil beras dari ATM Beras ini, merupakan Masyarakat yang saat ini sudah terdata oleh DPW PKS Jambi.

“Jadi setiap Provinsi di Indonesia dikirimi mesin ATM Beras, yang nanti berguna bagi Masyarakat yang sudah terdata dan sudah terdaftar untuk mengambil beras,” tutur Caleg DPRD Provinsi dari PKS Itu.

Ia menjelaskan nantinya dengan kartu tersebut Masyarakat hanya tinggal menempelkan kartu yang telah diberikan ke bagian mesin ATM Beras untuk discan, dan nantinya mesin ATM akan mengeluarkan sejumlah kilogram beras yang bisa dibawa dan dikonsumsi untuk Masyarakat.

Untuk jumlah yang akan keluar dari Mesin ATM disebutkan bahwa, masing-masing Masyarakat akan menerima jumlah yang berbeda sesuai dengan takaran yang telah ditentukan sebelumnya, dan terekam di dalam kartu yang telah dibagikan oleh DPW PKS, namun sebagian besar pemegang kartu dapat menerima beras hingga 10 Kg tiap bulan.

Heru Kustanto menyebut penerima kartu ATM Beras merupakan orang-orang yang berhak dan perlu dibantu, dan prioritasnya adalah Masyarakat miskin dan kurang mampu.

“Yang diprioritaskan pertama memang adalah Masyarakat miskin, Masyarakat kurang mampu, yang memang masih tekendala dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan paling penting bahan pokok seperti beras,” ujar Heru.

“Lalu kemudian didata dan diminta mereka juga terdaftar di PKS, sebagai bentuk kepedulian juga terhadap PKS, yang nantinya mereka bisa mengambil beras kapanpun (sebulan sekali, red) di ATM Beras ini,” tambahnya.

Disebutkan bahwa nantinya Program ATM Beras ini tidak hanya akan berlangsung beberapa waktu saja, tetapi akan terus dijalankan dalam jangka waktu yang lebih panjang, sebagai bentuk perhatian PKS kepada masyarakat.

Baca Juga