Endang Abdul Nasser dan dr Nadiyah Resmi TMS, Nasdem Siapkan Pengganti

Bagikan

Jtizen – KPU Provinsi Jambi telah melakukan rapat pleno mengenai tanggapan masyarakat pasca penetapan DCS, Sabtu (9/9/2023) lalu.

Berdasarkan informasi yang diterima KPU, hasilnya ada 4 (empat) Caleg DPRD Provinsi Jambi yang sebelumnya ditetapkan DCS dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kami sudah melakukan rapat pleno, hasilnya empat orang dinyatakan TMS,” ujar anggota KPU Provinsi Jambi divisi teknis penyelenggaraan, Yatno, Senin (11/9/2023).

Empat orang yang dinyatakan TMS tersebut yakni, Syahirsah dari Partai Golkar, Endang Abdul Naser dan dr Nasiyah dari Partai NasDem serta Iqbal Linus dari PAN.

Khusus untuk Syahirsah, ditetapkan menjadi TMS karena ia mengajukan pengunduran diri sebagai Caleg ke Partai Golkar dan ditindaklanjuti oleh KPU.

Kemudian Endang Abdul Naser ada temuan bahwa yang bersangkutan masih berstatus ASN, sehingga tidak memenuhi syarat sebagai calon, meskipun juga mengajukan pengunduran diri sebagai Caleg.

Sementara untuk M Iqbal Linus, juga mengajukan pengunduran diri sebagai caleg, walaupun beredar kabar yang menyebutkan bahwa dirinya dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Begitu juga dengan istri Wakil Walikota Jambi, dr Nadiyah yang dinyatakan TMS karena masih berstatus tenaga kontrak di RS Abdurachman Sayuti Kota Jambi, sehingga dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS), serta dikabarkan juga mundur sebagai Caleg.

“Jadi keempatnya itu semua TMS, terkait dengan dokumen syarat calon yang tidak terpenuhi,” jelasnya.

Selanjutnya, KPU meminta agar Partai Politik melakukan pergantian terhadap empat caleg yang dinyatakan TMS tersebut.

“Iya nanti tahapan penggantian itukan dari tanggal 14-20 September, pemberitahuan itu dari 11-13 September,” pungkasnya.

Terpisah, Sekretaris DPW Nasdem Provinsi Jambi, Hasbi Ansori mengatakan jika saat ini Nasdem tengah membahas mengenai pengganti dua kadernya yang dinyatakan TMS.

Anggota DPR RI itu menyampaikan, bahwa dikarenakan kuota Bacaleg Nasdem berlebih, maka pihaknya akan membahas terlebih dahulu siapa pengganti dr Nadiyah dan Sekda Sarolangun Endang Abdul Nasser.

“Lagi kita pleno kan dulu, kemarin Bacaleg kita melebihi kuota,” ujar Hasbi.

Baca Juga