Tim SAR Berhasil Evakuasi Pendaki Yang Alami Cedera Saat Mendaki Gunung Kerinci

Proses Evakuasi Pendaki Yang Cedera Oleh Tim SAR Gabungan (Jtizen/Humas Basarnas Jambi)

Bagikan

Jtizen – Pendaki yang dilaporkan mengalami cedera saat mendaki Gunung Kerinci, berhasil di evakuasi oleh Tim SAR Gabungan, pada Sabtu (19/08/2023).

Pria bernama Martunis (31 th) asal Jakarta itu, berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos SAR Kerinci, Balai TNKS, Organsisasi Mapala, dan Warga.

Sebelumnya, pada Hari Jumat, 18 Agustus 2023, Tim mendapatkan laporan tentang adanya seorang pria yang mengalami cedera saat melakukan pendakian Gunung Kerinci.

Menanggapi hal itu, Tim SAR Gabungan segera pergi menuju Lokasi kejadian yang berada di Shelter 3, dan sampai di Pintu Pendakian Gunung Kerinci pada siang hari dengan kondisi cuaca hujan ringan.

Setelah lebih kurang 10 jam perjalanan, Tim SAR Gabungan akhirnya tiba di lokasi pada Malam hari dan langsung melakukan penanganan awal terhadap korban untuk menstabilkan cedera pada bagian Kaki.

Pada Sabtu (19/8) dini hari, korban langsung dievakuasi menggunakan tandu oleh SAR Gabungan dari Shelter 3 menuju Posko R10, dengan kondisi cuaca yang hujan deras saat proses evakuasi di lokasi sehingga mengakibatkan jalur cukup licin dan berlumpur.

Pukul 10.30 wib korban berhasil di evakuasi menuju Posko R10 dan selanjutnya Dibawa menuju puskesmas terdekat menggunakan Ambulance untuk dilakukan Penangan Medis lebih lanjut

Pasca evakuasi, Komandan Pos SAR Kerinci Bambang Hermawan mengucapkan apresiasinya kepada unsur-unsur yang terlibat dalam proses evakuasi tersebut.

“Terimakasih kepada unsur-unsur yang terlibat dalam proses evakuasi ini,” ujarnya.

“Semoga Tim SAR Gabungan selalu menjaga kekompakan dalam setiap Pelaksanaan Operasi SAR,” tambahnya.

Baca Juga