Walikota Jambi Syarif Fasha Sebut Berhasil Kembalikan Pertumbuhan Ekonomi Jambi

Walikota jambi Syarif Fasha Saat Berpidato Dalam Paripurna Istimewa HUT Kota Jambi (Jtizen/DPRD Kota Jambi)

Bagikan

JTIZEN – Walikota Jambi, Syarif Fasha menyebut bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berhasil mengembalikan pertumbuhan ekonomi Jambi, setelah sempat turun akibat Pandemi Covid-19 yang berdampak di seluruh Negeri.

Hal tersebut disampaikan Fasha saat menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Jambi yang ke-622 tahun dan Pemerintah Kota Jambi yang ke-70 tahun, di Gedung DPRD Kota Jambi, Senin (29/05/2023).

Dalam pembukaan pidatonya, Fasha menyebut bahwa kebersamaan yang ada di Jambi merupakan modal strategi untuk menjadikan Jambi menjadi Kota yang lebih baik.

“Sebuah negeri yang tertib, ekonominya maju, kompetitif, dan berdaya saing, mengembangkan berbagai inovasi dalam negeri yang nyaman dan berkeimanan” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Fasha juga menyebut bahwa perekonomian Kota Jambi dua tahun terakhir juga menjadi lebih baik, setelah sempat menurun hingga – 4,24 persen pada tahun 2020, akibat dampak dari Pandemi Covid-19.

“Melanjutkan momentum pemulihan ekonomi yang kita lakukan selama hampir dua tahun ini, dapat kita rasakan bahwa perekonomian daerah kita jauh lebih baik,” ujar Walikota Jambi itu.

Ia menyebut berbagai strategi dan kebijakan telah dilakukan untuk kembali memikul perekonomian yang sempat menurun selama masa Pandemi Covid-19 lalu, Fasha juga menyebut bahwa akselerasi yang dilakukan telah menunjukkan hasil yang positif.

“Dimana sepanjang tahun 2022 lalu, ekonomi Jambi mengalami pertumbuhan sebesar 5,36 persen, meningkat 1,28 persen dibandingkan tahun 2021” sebutnya.

“Laju pertumbuhan ekonomi Kota Jambi ini, melampaui pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yakni 5,13 persen, dan juga pertumbuhan ekonomi nasional yakni 5,31 persen,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Fasha juga memaparkan keberhasilan kinerja Investasi Daerah pada tahun 2022, yang realisasinya yakni sebesar 744,78 Miliar, lebih tinggi dari targetnya yang sebesar 498,35 Miliar.

Ia juga memaparkan penurunan angka kemiskinan Kota Jambi yang turun dari angka 9,02 persen pada tahun 2021, menjadi 8,33 persen pada tahun 2022.

“Angka ini berada di bawah dari angka kemiskinan Nasional yang tercatat sebesar 9,54 persen,” pungkasnya.

Disamping itu, Walikota Jambi itu juga memaparkan keberhasilan-keberhasilan Kota Jambi lainnya seperti, pertumbuhan pendapatan perkapita, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pengalihan .

Selain itu, Fasha juga menyebut bahwa selama sepuluh tahun terakhir, ia juga berhasil mengalihkan komposisi belanja daerah dari yang sebelumnya didominasi oleh belanja pegawai, meningkatkan kontribusi PAD terhadap APBD, Optimalisasi Sumber Pendanaan Pembangunan, serta masih banyak lagi pencapaian keberhasilan yang dipaparkan Walikota Jambi Syarif Fasha di tahun terakhir masa jabatannya sebagai Walikota jambi.

Baca Juga