Wakil Walikota Jambi Sampaikan Materi Dalam Workshop STBM Tingkat Provinsi Jambi

Wawako Jambi Maulana
Wawako Jambi Maulana saat menjadi narasumber dalam Workshop STBM Tingkat Provinsi Jambi (Jtizen/Riman Abimayu)

Bagikan

Jtizen, Jambi – Wakil Walikota Jambi, Maulana, menjadi narasumber dalam Workshop Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Aula Ratu Hotel dan Resort, pada Selasa (16/05/2023).

Pada Workshop yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi itu, Wakil Walikota Jambi itu didapuk sebagai narasumber untuk memaparkan beberapa hal terkait program-program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Maulana menyebut terkait STBM yang disampaikannya, Kota Jambi sendiri telah berhasil memperoleh penghargaan terkait sanitasi dari Kementerian Kesehatan sebanyak dua kali berturut-turut.

“Kota Jambi Alhamdulillah sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan, yang pertama mengenai ODF, ” tutur Maulana.

Status ODF atau ‘Open Defecation Free’ merupakan status dimana status bebas dari buang air besar sembarangan.

Terkait hal tersebut, Maulana menyebut bahwa Kota Jambi sendiri telah mampu memenuhi standar atau status ODF itu hingga 100 persen.

Maulana menyampaikan sebagai narasumber dirinya menyampaikan bagaimana langkah-langkah untuk membangun komitmen.

“Regulasi kita keluarkan melibatkan seluruh Masyarakat, Lurah, Camat, Tokoh Agama, sehingga sekarang Masyarakat sudah menyadari betul bahaya dari BAB sembarangan,” terangnya.

Selanjutnya, dalam pemaparannya Maulana menjelaskan bagaimana membangun inovasi-inovasi yang berkaitan dengan lingkungan, dimana Pemkot juga telah berhasil meraih penghargaan.

“Enabling Environment, penguatan lingkungan dari segi kebijakan yang kondusif dan masuk (sesuai, red) aturan, ” sebutnya.

Baca Juga