Pemkot Jambi Kembali Gelar Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2023

Wawako Maulana Saat Membuka Pelatihan DTS
Wawako Maulana Saat Membuka Pelatihan DTS (Jtizen/Pemkot Jambi)

Bagikan

Jtizen, Jambi – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi Kembali menggelar Digital Talent Scholarship (DTS) bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Jakarta, yang digelar di Gedung Diklat Lebak Bandung pada Senin (6/2/2023).

Kegiatan Pelatihan Thematic Academy (TA) yang merupakan bagian dari rangkaian 10.000 Digital Talent Scholarhip (DTS) yang dialokasikan bagi masyarakat Kota Jambi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jambi itu dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Jambi Maulana.

Dalam sambutannya, Maulana mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang sudah memberikan kuota lima ribu tenaga-tenaga sekolah SIP di berbagai bidang, termasuk bidang government.

“Harapan kami, pelatihan demi pelatihan bisa berjalan dengan baik sesuai harapan dan makin banyak warga kota Jambi yang memiliki sertifikasi di berbagai bidang keahlian dan juga sebagai bukti memiliki kompetensi di bidang tematik masing-masing,” harapnya.

Maulana mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan merupakan wujud keseriusan Pemerintah Kota Jambi sebagai salah satu daerah yang konsisten mengimplementasikan konsep Smart City secara sustainable di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Abu Bakar menjelaskan ada empat kategori dalam pelatihan kali ini, yang pertama, Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang diperuntukkan angkatan kerja baru, Kedua, Digital Entrepreneur Academy (DEA) yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM, kemudian Thematic Academy (TA) dengan dua tema pelatihan, yakni Administrasi Perkantoran dan Desain Grafis untuk guru dan tenaga kependidikan, dan terakhir Government Transformation Academy (GTA) yang dikhususkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TKK.

Kadis Kominfo Kota Jambi itu menyebut bahwa dalam pelatihan ini, peserta tidak dipungut biaya, disamping itu peserta juga akan mendapatkan modul materi pelatihan dan uang saku, peserta pelatihan yang lulus juga akan mendapatkan sertifikat dari Kementerian Kominfo RI.

“Pembiyaan kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Kementerian Kominfo RI, sementara Pemkot Jambi bertanggungjawab menyiapkan peserta, menyediakan ruang gedung tempat pembelajaran,” pungkas Abu Bakar.

Baca Juga