Wakil Walikota Jambi Maulana Terpilih Sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kota Jambi

Wawako Jambi Maulana Yang Terpilih Sebagai Kakwarcab Kota Jambi 2022-2027 (Jtizen/Pemkot Jambi)

Bagikan

Jtizen, Jambi – Wakil Walikota Jambi, Maulana, terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Jambi untuk masa bakti 2022-2027.

Maulana terpilih sebagai Kakwarcab, setelah dilakukannya Rapat Pleno di gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Kota Jambi, pada Kamis sore (12/01/2023).

Pada kesempatan itu, Maulana yang menggantikan M Nasir yang merupakan Kakwarcab sebelumnya itu, mengaku bangga telah dipercaya sebagai Kakwarcab Kota Jambi masa bakti 2022-2027.

Ia menyebut bahwa hal itu merupakan Amanah dan tugas berat yang harus dijalankan, namun Maulana menyebut dengan bantuan semua jajaran kwarcab tentu akan menjadi ringan.

“Ada beberapa hal yang menjadi perhatian, diantaranya bagaimana gerakan pramuka menjadi lebih diminati anak di sekolah, Kita ingin proses pendidikan gerakan pramuka, disamping kompetensi konvensional, tapi juga bergerak ke arah digitalisasi,” uajrnya.

Disamping itu, Maulana juga ingin agar pendidikan karakter seperti duta anti korupsi dapat membentuk karater anak, yang dalam waktu dekat akan pelantikan dan langsung bekerja.

“Gerakan pramuka di sekolah juga bagian dari upaya mencegah anak dari kenakalan remaja, semakin banyak kegiatan positif, maka kegiatan negatif akan hilang,” tambah Maulana.

Tak lupa, Maulana, mengucapkan apresiasi kepada pengurus Kwarcab sebelumnya yang menurutnya telah mengangkat marwah Kwarcab Kota Jambi, dan ia berujar bahwa akan melanjutkan dengan baik, bersama-sama dengan kwartir ranting.

“Banyak program yang harus dijalankan kedepan, yang tentunya dari hasil musyarawarah cabang, seluruh wakil ranting kita kompak bersama membangun Pramuka di Kota Jambi,” ajak Maulana.

Senada dengan Maulana, Walikota Jambi Syarif Fasha, yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Kota Jambi, dalam pembukaan kegiatan hari itu turut menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Kwarcab masa bakti sebelumnya.

Namun, dalam kesempatan itu, Fasha juga meminta agar peserta musyawarah tidak hanya fokus mencari pemimpin untuk kepengurusan masa bakti selanjutnya, tapi juga melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dikerjakan selama lima tahun terakhir.

“Kami menekankan kepada peserta musyawarah cabang untuk tidak hanya fokus memilih calon ketua saja. Tetapi bagaimana membuat program lima tahun kedepan, kemudian juga mengevaluasi program lima tahun ke belakang,” kata Fasha.

“Terimakasih kepada seluruh pengurus masa bakti 2017-2022 yang telah memberikan tenaga serta pikirannya untuk kemajuan Pramuka di Kota Jambi, kami harapkan ke depan nanti pramuka, lebih baik, lebih kompak, lebih terdepan dan lebih maju,” pungkasnya.

Baca Juga