Sambut Musim Mudik Lebaran 2023, Dishub Jambi Lakukan Pendataan Terhadap Armada Umum

Illustrasi Armada Angkutan Mudik Lebaran (Jtizen/ekonomi.bisnis.com)

Bagikan

Jtizen, Jambi – Sebagai bentuk upaya untuk menyambut musim mudik lebaran tahun 2023, Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Wing Gunariadi, menyebut bahwa Dishub akan melakukan pendataan untuk memastikan kesiapan armada yang akan beroperasi.

“Pertama, kita sekarang, lagi pendataan kesiapan armada, kita menyiapkan armada yang siap untuk dioperasionalkan pada saat mudik,” ungkap Kabid Perhubungan Darat itu, pada Selasa (14/03/2023).

Ia juga menyebut bahwa selain melakukan pendataan armada, pihaknya juga akan melakukan Ram Check kepada armada angkutan umum baik AKAP ataupun AKDP, dengan menggunakan uji petik di terminal.

“Kedua, kita secara uji petik di terminal, berkoordinasi dengan BPTD melakukan Ram Check, kepada angkutan umum yang melalui terminal, baik Armada AKAP maupun AKDP,” ucap Wing.

Lebih lanjut, untuk menjamin keselamatan di jalur mudik, Wing juga mengungkapkan bahwa Dishub Provinsi Jambi bersama BPJN dan PUPR, akan mengidentifikasi titik-titik rawan longsor, dan melakukan pemetaan terhadap titik-titik tersebut.

“Ketiga, Kita akan berkoordinasi dengan BPJN maupun PUPR, titik-titik rawan longsor, karena itu harus dipetakan dulu untuk kita mengantisipasi, mana sih daerah-daerah yang rawan longsor,” jelas Wing Gunariadi.

Wing Gunariadi menjelaskan bahwa tiga upaya tersebut bertujuan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan melonjaknya Kembali jumlah pemudik pada arus mudik tahun 2023 ini.

Baca Juga