Sekda Batanghari Tinjau Rumah Warga Korban Longsor di Bajubang Laut

Istimewa

Bagikan

Batanghari, Jtizen.comSekertaris Daerah, H. M Azan SH, didampingi Asisten I M. Rifa’i Kadir kunjungi rumah warga Desa Bajubang Laut Kecamatan Muara Bulian yang alami musibah tanah longsor  akibat tebing di belakang rumahnya tergerus erosi arus sungai Batanghari pasca hujan yang melanda beberapa hari, Kamis, (23/02/2023).

Dalam kunjungan itu Sekda dan Asisten I menyusuri pingiran tebing yang terkena longsor pada setiap bangunan rumah warga yang terdampak. Turut hadir juga kasi Kesra Kecamatan Muara Bulian, Tim BPBD Batanghari, serta Kepala Desa Bajubang Laut.

Asisten I Setda Batanghari, M. Rifa’i Kadir saat diwawancarai menjelaskan, dalam kunjungan yang dilakukan tersebut Sekda melakukan pendataan pada warga yang menjadi korban bencana alam di Desa Bajubang Laut.

“Seperti yang dikatakan Sekda tadi, kita kesini melakukan pemantauan dan pendataan terhadap warga kita yang terdampak dari bencana, kemudian karena ini adalah bencana abrasi tanah longsor  BPBD akan mempelajari sesegera mungkin,” ujarnya.

Rifa’i dalam hal ini meminta kepada Pemerintah Desa dan tim dari BPBD untuk siap siaga di lokasi dan akan segera menindaklanjuti kejadian ini.

“Tadi kita sudah sama-sama melihat tim BPBD memasang tenda darurat, dan kita sudah memesan kepada masyarakat melalui Pemerintahan Desa harus terus waspada dan petugas BPBD yang ada kita minta stand by 24 jam di lokasi yang dimaksud,” kata Rifa’i.

“Nah tindakan selanjutnya nanti sesuai dengan anjuran pak Sekda nanti, OPD tekhnis terkait dalam hal ini BPBD dan Dinas Sosial, kemudian lagi PU dan lainnya nanti akan kita rapatkan sesegera mungkin,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dirinya meminta agar masyarakat disekitar lokasi dapat saling tolong menolong, serta Pemkab Batanghari akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan tindak lanjut terhadap musibah ini.

“Masyarakat tadi kita sudah minta kewaspadaan kemudian untuk salah satu solusi tadi, untuk yang dapurnya sudah hampir terkena longsor tadi kan kita minta dia pindah dengan keluarga terdekatnya dulu, jangan lagi menempatkan rumah yang di pinggir itu lagi, dan seluruh warga yang disana itu tadi kan sudah saling menolong,” jelasnya.

“Kita juga berharap, intesitas hujan tidak sebanyak atau tidak selebat dari minggu lalu, alhamdulillah nampaknya kan intesitas hujan kondisinya sudah mulai berkurang
, pokoknya sama-sama lah kita berdoa untuk yang terbaik buat warga kita di pinggiran Sungai Batanghari itu,” tutupnya.

Baca Juga