Siaga Bencana Hidrometeorologi, Pemprov Jambi Siapkan Dana BTT Rp.13 Miliar

Jtizen.com/Anil Hakim

Bagikan

Jtizen, Jambi – Sekda Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan bahwa Pemprov Jambi telah menyiapkan dana rutin yang berasal dari alokasi Biaya Tidak Terduga (BTT) untuk persiapan dana menghadapi Bencana Hidrometeorologi.

“Masih cukuplah, sekitar Rp.13 Miliar, sepanjang untuk kepentingan bencana kita masih bisa,” ujar Sudirman.

Dikatakan Sudirman, bahwa Pemprov Jambi sebelumnya juga telah mengalokasikan dana BTT tersebut pada pandemi Covid-19.

“Kemarin juga terkait Covid juga karena kategori bencana, bisa mendapatkan alokasi BTT. Untuk banjir, tanah longsor, Banjir Bandang, tidak ada masalah,” kata Sudirman.

Sementara itu, dalam menghadapi Bencana Hidrometeorologi, beberapa daerah di Jambi telah menaikan status menjadi siaga, yakni Muaro Jambi dan Tanjab Timur.

Namun, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan ada beberapa daerah yang belum menaikan status Siaga Bencana Hidrometeorologi, tetapi mereka sudah melakukan kegiatan apel siaga.

“Hampir seluruh daerah yang rawan Bencana Hidrometeorologi sudah melakukan apel siaga,” kata Sudirman.

Untuk Provinsi Jambi sendiri direncanakan pada 28 November 2022 mendatang akan melaksanakan Apel siaga Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor termasuk juga banjir bandang.

“Kalau SK nya belum, karena kita baru dua daerah yang sudah menaikan status. Yang jelas kita siapkan dahulu, kesiapan tim terkait kenaikan status itu,” tutupnya.

Baca Juga