Buka Rekrutmen PPPK, Pemkot Jambi Pertahankan Tenaga Honorer

Jtizen.com/Riman Abimayu

Bagikan

Jtizen, Jambi – Pemerintah Kota Jambi mengeluarkan pengumuman penerimaan tenaga PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang mana pada penerimaan tahun ini terdiri dari dua jenis formasi yakni untuk formasi Tenaga Kesehatan dan formasi guru.

Walikota Jambi Syarif Fasha menuturkan terkait penerimaan PPPK tersebut, dirinya telah melakukan penandatanganan pada pengumuman PPPK tersebut untuk dirilis.

“Saya sudah tanda tangani untuk pengumuman, untuk formasi guru ada sekitar 170, untuk tenaga kesehatan sekitar 70,” terang Walikota Jambi Syarif Fasha, pada Senin (7/11/2022).

Fasha mengungkapkan bahwa Pemkot Jambi rencananya akan membuka lebih kurang 200 formasi pada tahun ini

“Tahun dapan nanti, itu (PPPK, red) berjumlah lebih kurang 6 atau 7 ratus (formasi, red) yang akan kita buka lagi,” ungkapnya.

Terkait rencana penghapusan tenaga honorer yang diprogramkan Pemerintah Pusat, Fasha menegaskan bahwa untuk Tenaga Honorer di Pemerintahan Kota Jambi akan tetap diberdayakan.

“Tanpa mereka kita mau apa, kita kan kekurangan PNS, (Tenaga Honorer, red) masih akan kita berdayakan,” tuturnya.

Perihal keputusan tersebut Fasha mengatakan bahwa pihaknya telah bicara dengan Kemenpan RB, dan dirinya yakin bahwa Menpan RB pasti bisa mengerti, karena Menpan RB saat ini merupakan mantan Bupati yang mengerti permasalahan di daerah.

“Tidak ada sebelum kita mampu (penghapusan itu, red), kita sudah bicarakan ini dengan Kemenpan RB dan alhamdulillah Menpan RB ini mantan Bupati, dia tahu permasalahan, di daerah itu apa masalahnya dia tahu,” ujarnya yakin.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Jambi, Suhendri mengungkapkan bahwa anggaran yang disiapkan pemerintah untuk melakukan rekrutmen tenaga PPPK mencapai 38 Miliar untuk sekitar 690 orang. namun dirinya mengaku belum ada petunjuk lebih jauh terkait rekrutmen tersebut.

“Tapi kita tidak tahu, belum ada petunjuk yang lebih teknis dari Pemerintah perihal penyediaan PPPK ini, dari jumlah maupun prioritas yang akan disiapkan,” jelasnya.

Suhendri mengungkapkan setidaknya untuk satu tenaga PPPK, Pemerintah menyiapkan anggaran sejumlah 4 juta x 14 per tahunnya.

Baca Juga