Ini Prediksi Cuaca Dari BMKG Untuk Wilayah Provinsi Jambi

Istimewa

Bagikan

Memasuki bulan November, BMKG Provinsi Jambi memprediksi akan menjadi puncak musim hujan hingga Desember tahun 2022 ini di wilayah Jambi dan sekitarnya.

“Untuk bulan November – Desember 2022 ini menjadi salah satu puncak musim hujan di Provinsi Jambi,” kata Ibnu, Kepala BMKG Jambi, melalui saluran WhatsApp, Jum’at, (4/11/2022).

Ibnu mengatakan pada awal November ini sebagian wilayah di Provinsi Jambi akan diguyur hujan dengan intensitas yang lebih.

“Untuk dasarian I November 2022 ada beberapa wilayah di Provinsi Jambi akan mendapatkan curah hujan peluang lebih dari 100 mm/dasarian, di sebagian Kabupaten Tanjung Jabung Barat bagian tengah dan selatan, sebagian Kabupaten Tanjung Jabung Timur bagian timur, sebagian Kabupaten Muaro Jambi bagian utara, sebagian wilayah Kabupaten Bungo bagian selatan, sebagian Kabupaten Merangin bagian timur dan sebagian Kabupaten Sarolangun bagian utara dan tengah,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk dasarian berikutnya pada November ini curah hujan dengan intensitas yang lebih juga akan dirasakan pada sebagian wilayah lainnya di Provinsi Jambi.

“Untuk dasarian 2 November 2022 peluang curah hujan > 100 mm / dasarian dapat terjadi di sebagian Kabupaten Tanjung Jabung timur bagian timur, sebagian Kabupaten Bungo bagian selatan dan sebagian Kabupaten Merangin bagian timur laut,” pungkasnya.

Namun demikian, ia mengatakan kepada masyarakat untuk berhati-hati, karena menjelang Desember ini potensi cuaca ekstrim bisa saja terjadi.

“Perlu waspada peluang potensi cuaca ekstrim sampai dengan bulan Desember pada waktu sore dan malam/menjelang pagi,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, di bulan November ini beberapa wilayah di Provinsi Jambi memiliki kemungkinan untuk terjadinya curah hujan dengan intensitas diatas normal.

“Beberapa wilayah di Provinsi Jambi, pada prakiraan curah hujan bulan November 2022 menunjukan curah hujan menengah sampai dengan tinggi, dan perlu waspada dengan sifat hujan di atas normal khususnya di Kabupaten Kerinci bagian utara,” tutupnya.

Baca Juga