4 Upaya Pemkot Jambi Kendalikan Aktivitas Geng Motor

Jtizen.com/Redaksi

Bagikan

Jtizen, Jambi – Fenomena Geng Motor yang menarik perhatian banyak pihak, membuat Pemkot Jambi dan Unsur Forkopimda melakukan empat upaya pengendalian, yang dihasilkan dari Rapat Darurat yang digelar pada Senin sore (10/10/2022) di Aula Bappeda Pemerintah Kota Jambi.

Wakil Walikota Jambi, Maulana, yang bertindak sebagai Pemimpin Rapat mengatakan bahwa Rapat Darurat siang itu menghasilkan beberapa poin penanganan yang sifatnya komprehensif, diantaranya seperti penanganan yang sifatnya preventif-promotif, yakni dengan mendorong para pimpinan di tingkat RT hingga kecamatan, agar menghidupkan kegiatan kepemudaan yang sifatnya positif.

“Kompangan, Olahraga, Seni, apapun!” ucapnya.

Upaya yang Kedua, yakni dengan meningkatkan Siskamling, dimana Maulana mengungkapkan bahwa dari 1.650 RT, ada 1.615 yang sudah aktif.

“Yang belum aktif akan dimotivasi agar semuanya melakukan Siskamling, untuk menjaga keamanan masing-masing, mengawasi pergerakan anak muda kita,” ujar Maulana.

Kemudian, upaya selanjutnya yakni dengan melakukan Patroli Gabungan sebagai upaya preventif, dimana pada tingkat Kecamatan ada Lurah dan Camat yang akan bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas, dan di tingkat Kota ada Kepolisian dari Polsek bersama TNI dari Ramil (Rayon Militer, red), serta akan mengaktifkan posko Damkar dan Pos Komando umum.

“Hal ini untuk mewujudkan rasa aman kepada Masyarakat, bahwa kita semua Pemerintah, TNI, Polri hadir, untuk menjaga keamanan secara bersama-sama,” pungkasnya.

Untuk Remaja yang sudah terlibat dengan aktivitas Geng Motor, Sebagai pengendalian tindak lanjut, Maulana mengatakan bahwa anak-anak itu akan digembleng dengan pendidikan karakter di SPN Jambi.

“Untuk anak-anak yang sudah terlibat, nanti kita akan sentuh melalui pendidikan Karakter, yang Insyaallah akan dilakukan di SPN, Semoga dengan upaya ini, anak-anak kita diberikan pemahaman, dan pemikiran positif untuk melakukan kegiatan yang positif,” tutupnya.

Dalam Rapat Darurat yang digelar hari itu, tampak hadir Unsur Forkopimda, Kapolresta Jambi, Eko Wahyudi, para Kepala OPD terkait, juga tampak Perwakilan Kejari Jambi, Perwakilan Kodim Jambi, Perwakilan dari SPN Jambi, Perwakilan Camat serta Lurah di Kota Jambi, Perwakilan Forum RT Kota Jambi, dan Instansi terkait lainnya.

Baca Juga